Sholat Subuh Berjamaah Di Masjid

Diposting oleh Mumun | 15.06


Panggilan sayang Allah telah datang, memanggil kita untuk menunaikan shalat subuh, apakah yang temen-temen lakukan ketika mendengar panggilan tersebut? Apakah langsung bangun dengan penuh semangat, memenuhi panggilan tersebut dan melaksanakan shalat subuh berjama’ah di mesjid atau menerapkan kaidah dasar 3T? Apa itu 3T? 1.Tarik selimut 2. Tutup telinga 3. Tenang, waktu subuh masih lama kok tidur terus aja.
Untuk yang memenuhi panggilan tersebut dengan semangat, alhamdulillah, pertahankan terus. Akan tetapi untuk yang menerapkan kaidah dasar 3T, wah ini sih termasuk orang yang bodoh dan merugi?  Kenapa coba kita termasuk orang bodoh dan merugi?
Rasullulah bersabda: “Barangsiapa sholat ‘isya berjama’ah (di masjid) maka seolah-olah ia sholat separuh malam dan barangsiapa sholat shubuh berjama’ah (di masjid) maka seolah-olah ia sholat sepanjang malam.” (HR.Muslim 1049) 
Nah gimana nih menurut temen-temen tentang hadits ini? Hadits ini menjelaskan bahwa Allah menjanjikan setiap hamba-hambanya yang mau bangun untuk memenuhi panggilanNya dan dengan semangat melaksanakan shalat subuh berjama’ah di mesjid dengan ganjaran pahala sholat sepanjang malam. Subhanallah…
Kira-kira kita bisa ga shalat terus menerus sepanjang malam tanpa berhenti? Tentu sulit. Makanya, Allah mengiming-iming kita dengan hadiah yang luar biasa agar kita termotivasi, masa sih kita tidak mau. Jadi yakin nih mau masuk surga, tanpa berkunjung terlebih dahulu ke neraka? Padahal kita tidak tahu kan, amalan yang pasti diterima dan diridhoi Allah, sehingga mengantarkan kita langsung ke surga. Jadi solusinya apa dong? Yang pasti sih kita harus mengincar pahala sebesar-besarnya dan mengumpulkan pahala sebanyak-banyaknya. Salah satunya dengan melaksanakan amalan wajib, yaitu shalat subuh berjama’ah di mesjid.
Kalau kita main hitung-hitungan pahala nih, kira-kira seberapa besar sih pahala shalat subuh berjama’ah di mesjid itu? Di hadits sebelumnya dijelaskan bahwa shalat subuh berjama’ah di mesjid pahalanya setara dengan sholat sepanjang malam. Misalkan, jika kita asumsikan bahwa waktu shalat kita adalah 5 menit dan 1 malam itu sekitar 10 jam atau 600 menit, yaitu dari jam 18.00 – 04.00. Maka akan kita dapatkan bahwa pahala shalat subuh berjamaah di mesjid itu kurang lebih 120 kali lipat. Subhanallah, Allah menjanjikan pahala yang luar biasa sekali.
Shalat yang dirasakan paling berat bagi orang-orang munafik adalah shalat isya dan shalat subuh (berjama’ah di mesjid). Sekiranya mereka mengetahui keutamaannya, niscaya mereka akan mendatanginya sekalipun dengan merangkak. Sungguh aku berkeinginan untuk menyuruh seseorang sehingga shalat didirikan, kemudian kusuruh seseorang mengimami manusia, lalu aku bersama beberapa orang membawa kayu bakar mendatangi suatu kaum yang tidak menghadiri shalat, lantas aku bakar rumah-rumah mereka.” (HR. Al-Bukhari no. 141 dan Muslim no. 651)
Gimana nih tentang hadist diatas? Salah satu ciri lain orang munafik, yaitu jika kita merasa berat melaksanakan shalat subuh berjama’ah di mesjid. Jadi kesimpulannya agar kita tidak tergolong orang munafik, yaitu dengan cara memenuhi panggilanNya dan melaksanakan shalat subuh berjama’ah di mesjid.
Pada hadits ini juga disebutkan Sekiranya mereka mengetahui keutamaannya, niscaya mereka akan mendatanginya sekalipun dengan merangkak”. Saking besarnya keutamaan shalat subuh berjama’ah di mesjid sampai-sampai Rasulullah mengilustrasikan bahwa bagi orang yang tahu keutamaan shalat subuh berjama’ah di mesjid mereka pasti akan mendatanginya, meskipun dengan cara merangkak.
sumber:http://addinulislam.wordpress.com

Relate Post:







0 komentar

Posting Komentar

Terima kaseh

Photobucket Photobucket Photobucket